Laporkan Jika BLT Anda Tidak Kunjung Cair, Begini Caranya


Sebagai bantuan atas pandemi Covid-19, Karyawan swasta yang terdampak dengan gaji dibawah Rp5 juta rupiah akan mendapat bantuan sosial dari pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan.

Bantuan 600 ribu tahap pertama sudah disalurkan kepada rekening penerima sebanyak 2,5 juta penerima.

Lalu pada batch kedua pemerintah mulai mencairkan dana bantuan subsidi gaji sebesar 600 ribu sebanyak 3 juta penerima.

Hanya saja, ternyata dana bantuan tersebut belum tersalurkan secara keseluruhan. Hal itu diakui langsung oleh pihak Kemnaker.

Kemnaker memaparkan untuk tahap 1 hingga sampai saat ini baru 2.310.974 orang telah menerima bantuan subsidi gaji 600 ribu.

Yang artinya baru 92,44 persen dari total penerima bantuan langsung tunai (BLT) Rp 600 ribu tahap 1, yakni 2,5 juta penerima.

Selain itu rekening yang masih dalam proses penyaluran juga masih banyak sekitar 173.367 penerima.

Bagaimana cara lapor BLT belum cair? Uang subsidi tak kunjung masuk ke rekening? Simak ulasan berikut ini.

Pemerintah telah mencairkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) terhadap karyawan yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta melalui 4 tahapan dengan masing-masing pekerja mendapatkan Rp 600 ribu. BLT ini diberikan kepada karyawan selama dua bulan dengan total Rp 1,2 juta.

Namun, bantuan BLT ini memiliki banyak keluhan dari karyawan. Banyak penerima yang tidak kunjung menerima BLT ke dalam rekening.

Kementerian Ketenagakerjaan menyampaikan kendala dalam pendistribusian BLT dikarenakan rekening tidak sesuai dengan NIK, rekening yang tidak aktif, rekening pasif, rekening tidak terdaftar atau rekening yang sudah dibekukan oleh Bank terkait.

Karyawan yang memiliki kendala dapat melaporkan langsung kepada Kementerian Ketenagakerjaan melalui website resmi kemnaker.go.id atau dapat diakses melalui bantuan.kemnaker.go.id.

Sebelumnya, karyawan dapat mendaftar lalu mengisi data diri seperti biodata, NIK, nama bapak atau ibu kandung, mengisi alamat email, nomor hp, dan kata sandi. Setelah itu akan mendapatkan kode OTP untuk verifikasi akun.

Setelah aktivasi akun, karyawan dapat login ke dalam website tersebut dan laman pengaduan untuk menyampaikan keluhan yang dihadapi mengenai pendistribusian BLT ini.

Nah, itulah cara lapor BLT belum cair. Semoga berhasil.

Belum ada Komentar untuk " Laporkan Jika BLT Anda Tidak Kunjung Cair, Begini Caranya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel