Secara Darurat, Ibu Bidan ini Berhasil Membantu Seorang Ibu yang Melahirkan di Emperan Toko

 


Drama penyelamatan persalinan sungsang dilaporkan terjadi di emperan toko Pasar Pabean Surabaya, Kamis (12/11/2020) siang pukul 12.30 WIB.

Semua berawal saat Siti Indriyani yang tercatat sebagai bidan honorer di Kantor Dinas Kesehatan (Diskes) Armada II Surabaya sedang berbelanja di Pasar Pabean dan mendengar adanya suara jeritan minta tolong.

Sebagai seorang bidan, Indriyani ketika itu sudah menyimpan insting bahwa jeritan itu berasal dari perempuan hendak melahirkan. Dan begitu dihampiri, ternyata benar.

Seketika itu, Indriyani membantu persalinan ibu Siti Romlah (33), warga Pesapen Barat, Surabaya.

Tanpa bantuan peralatan medis serta tenaga bantuan, Indriyani menyegerakan persalinan sungsang penuh resiko itu karena kaki kiri bayi sudah keluar dan tidak keburu untuk dilarikan ke rumah sakit.

“Saya melihat satu kaki keluar. Sungsang. Tetap persalinan harus dilakukan,” kata istri Serda Rudi Hermanto, anggota TNI AL tersebut.

Masalah yang dihadapinya pun tak berhenti sampai di situ. Leher sang jabang bayi terlilit tali pusar.

“(Tapi) Alhamdulilah bayi bisa keluar dan saya selamatkan. Saya lihat sang ibu juga sadar. Tapi lagi-lagi, bayi laki-laki keluar tidak ada tangis,” Indriyani melanjutkan.

Beberapa menit setelahnya, tangis bayi baru pecah setelah Indriyani melilitkan jarik seadanya dan menepuk punggung sang bayi.

“Kami sangat bersyukur. Bondo nekat pokoke. Jarik pun saya minta ibu yang biasa panggul barang di Pasar Pabean,” tuturnya dengan mata berkaca-kaca.

Setelah rangkaian prosesi persalinan selesai dilakukan, ibu Siti dan bayinya langsung dibawa ke rumah sakit terdekat.

“Karena ada tali pusar yang melilit dan tidak ada pisau yang steril secara medis, saya tidak berani beresiko kalau pinjam pisau dapur. Akhirnya kami temani naik tossa ke RS,” terangnya. Demikian mengutip TribunSurabaya.com.

Belum ada Komentar untuk "Secara Darurat, Ibu Bidan ini Berhasil Membantu Seorang Ibu yang Melahirkan di Emperan Toko"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel