Cek Fakta: Petani di India Disebut Telah Temukan Makhluk Melata Berkaki Empat dengan Kepala Manusia

 


Beredar kabar di media sosial yang menyebutkan bahwa petani di India menemukan makhluk melata berkaki empat dengan kepala mirip seperti manusia.

Informasi tersebut menyebutkan bahwa hewan melata dengan kepala manusia itu ditemukan petani di Gujarat, India.

Informasi ini disebarkan oleh salah satu pemilik akun Facebook Rajan Rathore pada Kamis, 3 September 2020.

Namun berdasarkan hasil pemeriksaan fakta yang dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari The Logical Indian, klaim bahwa petani di India dikabarkan menemukan makhluk melata berkaki empat dengan kepala manusia adalah klaim yang salah atau hoaks.

Berikut narasi lengkap unggahan pemilik Akun Facebook Rajan Rathore:

View this post on Instagram

armadillo hybrid

A post shared by Laira Maganuco (@lairamaganuco) on

"Semua teman-teman petani yang saya cintai, diminta untuk tidak pergi ke ladang sendirian dan tetap berhati-hati. Waspadalah terhadap hewan berbahaya yang datang dari Gujarat ke Rajasthan ini."

Makhluk berbahaya yang diduga terdapat di India. /Instagram/lairamaganuco /

Sebuah kiriman dibagikan oleh Laira Maganuco (@lairamaganuco) pada 15 Jul 2019 jam 2:18 PDT

Gambar yang diduga hewan berbahaya tersebut juga dibagikan di Twitter bersama dengan gambar seorang pria dengan tangan yang terluka di sebuah peternakan, dengan narasi yang sama.

Menurut laporan tim pemeriksa fakta tersebut, dalam penyelidikannya, mereka menemukan bahwa gambar ini telah ada di internet sejak 2018 dengan klaim berbeda.

Pada 2018, News18 Telugu juga melaporkan bahwa makhluk aneh terlihat berkeliaran di sekitar desa Gollapall di distrik Jagittala, India.

Namun, masih belum ada klarifikasi dari pihak pembuat berita terkait kejadian tersebut.

Setelah diselidiki lebih lanjut, pihaknya menemukan sebuah blog yang memuat gambar-gambar viral berjudul "Makhluk Hiper Realistis yang Luar Biasa Menyeramkan oleh Laira Maganuco."

Saat menjalankan pencarian kata kunci, ditemukan gambar di halaman Facebook dan Instagram Maganuco.

Artis itu mengunggah foto-foto itu pada 3 Oktober 2018, dengan judul "hibrida armadillo silikon satu bagian."

Di situsnya, Maganuco mengatakan bahwa dia spesialisasi di bidang hiper realisme dan surealisme, serta menggunakan teknik pahatannya untuk "membuat karya unik dari silikon sehidup mungkin atau seasli mungkin."

Hasil karyanya tersebut juga dijual di situs 'Etsy'. Menurut deskripsi produk, foto itu adalah karya buatan tangan dari pasta silikon asetat.

Beberapa gambar makhluk serupa lainnya juga terlihat di profil Instagramnya.

Oleh karena itu, foto-foto tersebut yang dibagikan di berbagai media sosial tidak ada hubungannya dengan petani di Gujarat maupun Rajasthan, India.

Sumber pikiran rakyat

Belum ada Komentar untuk "Cek Fakta: Petani di India Disebut Telah Temukan Makhluk Melata Berkaki Empat dengan Kepala Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel