Alokasikan Rp 94 Triliun, Jepang Gratiskan Vaksin COVID-19 Untuk Warganya

 


Sejumlah negara telah menantikan kandidat vaksin yang disebut-sebut siap untuk diproduksi secara massal tahun ini. Seperti diketahui, saat ini vaksin telah menjadi "primadona" yang dinanti-nanti sebagai harapan terang dalam penanganan pandemi.

Masing-masing negara pun memiliki kebijakan sendiri-sendiri tentang bagaimana akan membagikan vaksin ke warganya. Seperti Jepang misalnya, pemerintah di sana akan menggratiskan imunisasi vaksin COVID-19 bagi warganya.

Kebijakan Kementerian Kesehatan ini telah disetujui pada Jumat pekan lalu melalui panel penasihat. Adapun pemberian vaksin gratis ini untuk dosis pertama. Sedangkan belum diketahui berapa kali dosis yang diperlukan untuk bisa benar-benar terbebas dari pandemi.

Hingga kini, masih belum jelas apakah kebijakan ini juga akan berlaku bagi warga negara asing yang tinggal di Jepang. Pemberian vaksin gratis ke WNA dianggap perlu dilakukan demi menekan kasus penyebaran COVID-19, kata seorang pejabat kementerian seperti dilansir dari The Japan Times, Senin (5/10).

Pemerintah Jepang sendiri telah mengamankan vaksin untuk paruh pertama 2021 guna diberikan kepada warganya. Untuk rencana ini, Jepang telah menganggarkan 671,4 miliar yen atau setara dengan Rp 94 triliun.

Untuk penyediaan vaksin itu sendiri, Jepang telah bekerja sama dengan perusahaan farmasi asal Inggris AstraZeneca PLC dan perusahaan farmasi raksasa AS Pfizer Inc. Melalui kerja sama ini, Jepang akan menerima 120 juta dosis vaksin dari setiap perusahaan ketika berhasil dikembangkan. Tak cukup sampai di situ, Jepang juga bernegosiasi dengan AS Moderna Inc. untuk 40 juta dosis vaksin.

Terkait efektivitas vaksin ini, jika vaksinasi menyebabkan efek samping yang serius, Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan berencana untuk meminta ganti rugi kepada negara. Bukan perusahaan farmasi, negara diminta untuk memberikan ganti rugi pada pasien melalui revisi undang-undang pada sesi Diet luar biasa yang diharapkan akan dimulai akhir bulan ini.

Belum ada Komentar untuk "Alokasikan Rp 94 Triliun, Jepang Gratiskan Vaksin COVID-19 Untuk Warganya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel