Terlalu Lama Nunggu Hasil Tes SWAB, Orangtua Nekat Bawa Paksa Jenazah Anaknya yang Reaktif COVID 19 - Kabar Aljazeera

Terlalu Lama Nunggu Hasil Tes SWAB, Orangtua Nekat Bawa Paksa Jenazah Anaknya yang Reaktif COVID 19

 


Sebuah tindakan yang amat disayangkan dan disesalkan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mataher Jambi.

Sebab, penjemputan paksa jenazah bocah lelaki yang dikonfirmasi reaktif melalui rapid test ini dapat menimbulkan masalah baru, yang akhirnya juga membebankan pihak medis serta pemerintah yang kini tengah berupaya keras mengakhiri wabah virus corona ini.

“Saya tahu bagaimana perasaan pihak keluarga pasien. Saya juga tidak tega melihat hal seperti ini, tetapikan kita harus melaksanakan peraturan yang ada. Saya juga sedih lihat kondisi pasien yang dibawa dengan motor, nanti kesannya RS semena-mena. Kita itukan nunggu dulu, kita ini tujuannya melindungi banyak orang gitu loh,” tutur Wakil Direktur Pelayanan RSUD Raden Mataher Jambi, Dr Dewi Lestari, dilansir dari newsdetik.com.

Padahal, kata Dr Dewi, pihak rumah sakit hanya meminta keluarga untuk menunggu hasil uji swab anaknya yang telah meninggal dunia.

“Kita kan sudah sampaikan pihak keluarga bersabar dulu sampai uji swab itu hasil keluar. Tetapi pihak keluarga pasien itu bilangnya lama sekali. Kita bukannya lama tapi kan kita mau menunggu dulu hasilnya, kalau negatif silakan dibawa tetapi kalau positif kan jadi repot. Apalagi kita pihak RS tidak bisa semudah itu keluarkan pasien harus ikut prosedur,” ujar Dr Dewi.

Oleh pihak rumah sakit, jenazah bocah 6 tahun itu langsung dibungkus menggunakan plastik, sesuai protokol Covid-19, meski hasil swab belum memastikan status bocah itu, apakah positif atau negatif.

“Ya kita kan ikuti prosedurnya. Kita ini kan ambil langkah terburuknya dulu, ini virus tidak bisa dianggap main-main. Tentu tim medis jalankan sesuai aturan COVID karena hasil rapid pasien reaktif. Jadi kita jaga-jaga, namun pihak keluarga juga tak terima menunggu terlalu lama akhirnya pasien dibawa paksa,” Dr Dewi menjelaskan.

0 Response to "Terlalu Lama Nunggu Hasil Tes SWAB, Orangtua Nekat Bawa Paksa Jenazah Anaknya yang Reaktif COVID 19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel