Hari ini, Presiden Jokowi Cairkan BLT Subsidi Gaji Rp600.000 - Kabar Aljazeera

Hari ini, Presiden Jokowi Cairkan BLT Subsidi Gaji Rp600.000

 


Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan memastikan bantuan langsung tunai (BLT) Rp600.000 untuk karyawan gaji di bawah Rp5 juta cair pada hari ini Kamis (27/8/2020) untuk tahap pertama.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meluncurkan BLT ini untuk tahapan penyaluran pertama sebanyak 2,5 juta pekerja.

“Subsidi gaji atau upah nih data calon penerima bantuan dan aktif pekerja sosial. InsyaAllah dicairkan besok Kamis oleh Presiden RI dan Kementerian Ketenagakerjaan yang dipersiapkan untuk bantuan tahapan pertama,” ujar Ida Fauziyah di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Dia melanjutkan proses subsidi gaji ini sudah berjalan dan akan terus dilakukan hingga 2020. Adapun, tahapan ini sempat mengalami revisi dikarenakan harus mengumpulkan data yang akurat.

“Alhamdullilah kesepakatan luar biasa dan dalam satu minggu kita merevisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan membuat peraturan menterinya,” katanya.

Sebagai informasi, Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 14 Tahun 2020, kriteria calon penerima bantuan Rp 600.000 per bulan ini adalah WNI yang dibuktikan dengan NIK, pekerja atau buruh penerima upah (PU).

Kriteria selanjutnya adalah terdaftar sebagai peserta aktif BP Jamsostek sampai Juni 2020, tenaga kerja aktif yang membayarkan iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp5 juta sesuai dengan upah terakhir yang dilaporkan pemberi kerja dan tercatat di BP. Terakhir, memiliki rekening aktif di bank.

Kedua, peserta BP Jamsostek yang baru aktif pada Juli 2020 tidak termasuk pekerja yang mendapatkan bantuan Rp600.000.


Sumber: okezone.com

2 Responses to "Hari ini, Presiden Jokowi Cairkan BLT Subsidi Gaji Rp600.000"

  1. Bagaimana cara daftar agar bisa mendapatkan blt

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara daftar agar bisa mendapatkan blt

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel