Demi Antarkan Tugas Cucunya, Nenek Tua 70 Tahun ini Harus Naik Turun Bukit Untuk Menuju Sekolah - Kabar Aljazeera

Demi Antarkan Tugas Cucunya, Nenek Tua 70 Tahun ini Harus Naik Turun Bukit Untuk Menuju Sekolah

 

Seperti persoalan yang sedang ramai dibahas belakangan ini, aksi Suratinem atau akrab disapa Mbah Surati (70) ini tak lain karena persoalan keterbatasan gawai dalam kegiatan belajar online.

Cucunya, Devi Noviyanti (10) yang masih duduk di bangku kelas 4 SD Negeri Jetis di Pedukuhan, tak bisa mengikuti kelas online selama diterapkannya pembelajaran jarak jauh. Dan sebagai gantinya, sang cucu harus mengambil dan mengirim tugas di sekolahannya.

Namun karena masih kecil, dan kondisi jalanan sekolah yang naik-turun serta dilalu banyak tumbuhan pohon jati lebat dengan di samping jalan dikelilingi tebing atau jurang, sebagaimana dilansir Kompas.com, hal ini membuat Mbah Surati rela menggantikan posisi cucunya.

“Kadang pergi pagi jam 07.00 WIB. Ritin saben dinten (dulu setiap hari). Sakniki mboten (sekarang tidak), kadang Selasa kadang Jumat,” kata Mbah Surati.

Terakhir, Mbah Surati mengantarkan buku tulis berisi hasil belajar Devi dan membawa pulang tugas baru berupa pelajaran matematika dan membawa dua plastik polybag beserta dua bibit cabai siap tanam.

“Hari ini tugas matematika dan mengambil tugas keterampilan menanam bibit cabai,” tutur Siti Kamilah, Kepala Sekolah SDN Jetis.

Mbah Surati, kata Siti, memang rajin mengambil dan menyerahkan tugas selanjutnya untuk cucunya Devi.

“Beliau selalu datang ke sini selama BDR (belajar dari rumah), untuk mengambil tugas secara manual atau offline karena (cucu) beliau belum mampu mengikuti pengajaran secara daring karena kendala belum memiliki Android,” kata Siti.

Sementara Mbah Surati memiliki harapan besar terhadap cucunya. Dia berharap dengan semua upayanya ini maka cucunya dapat terus menempuh pendidikan sehingga bisa menggapai cita-citanya.

“Biar bisa jadi dokter seperti yang dia mau,” imbuh Mbah Surati.

0 Response to "Demi Antarkan Tugas Cucunya, Nenek Tua 70 Tahun ini Harus Naik Turun Bukit Untuk Menuju Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel