Menag Sebut 65 Persen Muslim di Indonesia Buta Huruf Alquran


Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengikuti peluncuran publikasi MTQ Nasional XXVII di Sumatera Barat (Sumbar), Selasa, 28 Juli 2020.

Pada kesempatan itu, Menag Fachrul mengungkapkan sekitar 65 persen Muslim di Indonesia buta huruf Alquran.

“Data kita saat ini masih ada 65 persen umat Islam di Indonesia yang masih buta aksara Alquran. Angka itu sangat tinggi untuk negara yang mayoritas Muslim,” ujar Fachrul, Selasa, 28 Juli 2020 seperti dilansir dari republikacoid.

Menag mengatakan bahwa jumlah warga yang melek huruf Alquran juga akan berbanding lurus dengan tingkat pemahaman penghayatan yang berasal dari Alquran.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memberantas buta aksara Alquran ini,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir sejumlah Dirjen Kementerian Agama di Jakarta, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama jajaran di Padang dan para gubernur di seluruh Indonesia ikut menghadiri launching tersebut.

“Kami mengapresiasi Sumbar yang berkomitmen untuk melaksanakan dan mensukseskan MTQ Nasional XXVIII di Padang pada 12-21 November 2020, meski dalam kondisi yang tidak biasa,” ujar Menag.

Selain itu, Fachrul juga menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 jangan menjadi penghalang untuk produktif dan proaktif melaksanakan dan menjalankan berbagai kegiatan positif, termasuk MTQ.

Menurutnya MTQ sangat penting artinya karena diharapkan bisa menjadi katalisator perubahan masyarakat jadi lebih baik.

“Karena itu, MTQ jangan hanya jadi kontestasi semata tapi juga untuk menstimulasi umat agar mau mempelajari Alquran dan memahami isi yang terkandung di dalamnya,” pungkasnya.

Sumber terkini id

Belum ada Komentar untuk "Menag Sebut 65 Persen Muslim di Indonesia Buta Huruf Alquran"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel