Keras, Edit Video Ayu Ting Ting Bisa Diperkarakan! Langsung Dijebloskan ke Penjara?


Ayu Ting Ting kini tak lagi berdiam diri melihat ulah para pembencinya. Beberapa orang telah dilaporkan dan tidak menutup kemungkinan akan bisa bertambah jumlahnya.

Selain penebar kebencian, orang-orang yang sengaja melakukan edit video maupun gambar Ayu Ting Ting bisa diperkarakan. Hal itu pula yang baru saja ditegaskan Ruben Onsu dan pengacara Minola Sebayang.

"Jika masih ada yang memberikan potongan gambar yang mengarah pada opini, mungkin itu juga bisa menjadi fokus lawyernya Ayu ya," kata Ruben Onsu dikutip dari tayangan Brownis Trans TV, Minggu (22/8/2021).

"Karena ke triggernya dari situ, pembicaraan yang tadinya bercanda, kalimatnya bercanda kepotong demi kepuasan mereka," imbuh suami Sarwendah ini.

Minola Sebayang sebagai pengacara Ayu Ting Ting mengamini hal tersebut. Sebab jika ada perilaku yang terbukti mengarah pada pelanggaran, bisa dibawa ke ranah hukum.

"Kita ada di negara hukum dan tidak aada orang ang kebal hukum. Ada beberapa aturan yang ditaati. Jadi, itulah yang menjadi dasar kami ke pihak yang berwajib," jelas Minola Sebayang.

Minola Sebayang menjelaskan, polisi juga tidak sembarangan mengurus sebuah kasus. Mereka juga akan menimbang mana masalah yang berpotensi melanggar hukum.

"Karena polisi, orangnya selektif. Laporan yang tidak ada muatan pidana, pasti akan ditolak," jelasnya.

Sebagai contoh, Minola Sebayang mengambil kasus yang baru saja terjadi antara Ayu Ting Ting dan pembullynya, Kartika Damayanti alias KD. Laporan yang dilakukan ke Polda Metro Jaya telah diterima dan tengah diselidiki.

"Buktinya sekarang kami membuat laporan dan diterima. Jadi apa yang dilakukan (pelaku), patut diduga melanggar aturan," kata Minola Sebayang.

Ayu Ting Ting sebenarnya telah sabar menghadapi haters bertahun-tahun. Namun untuk kali itu, kesabarannya habis karena pelaku bully itu melibatkan sang putri, Bilqis Khumairah Razak.

"Selama ini yang kalian tahu, Ayu diem nggak pernah maju. Cuma buat Ayu ini sudah keterlaluan banget, menyangkut Bilqis," kata Ayu Ting Ting menahan air mata.

"Mereka nggak tahu perjuangan Ayu dan Bilqis seperti apa. Dengan enaknya mereka menghajar Bilqis, Ayu, tanpa mereka tahu perjuangan kami seperti apa," imbuh biduan 29 tahun ini. 

Ngotot Jebloskan KD ke Penjara, Ayu Ting Ting Sengaja Tak Pakai UU ITE

Suara.com - Laporan Ayu Ting Ting terhadap pemilik akun Instagram @gundik_empang, Kartika Damayanti tidak akan melalui proses mediasi atau restorative justice seperti perkara UU ITE. Pedangdut 29 tahun itu menggunakan pasal 315 KUHP tentang penghinaan dalam laporannya.

Dalam perkara UU ITE, penyidik mengedepankan restorative justice sebagai penyelesaian. Hal itu sesuai surat edaran Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan nomor SE/2/11/2021 tentang Kesadaran Budaya Beretika untuk Mewujudkan Ruang Digital Indonesia yang Bersih, Sehat, dan Produktif.

"Nggak (ada restorative justice) karena kami tidak mengenakan UU ITE, kami pakainya pasal 315," kata kuasa hukum Ayu Ting Ting, Minola Sebayang saat dikonfirmasi, Rabu (25/8/2021).

Minola menjelaskan, karena satu dan lain hal pihaknya tak menggunakan UU ITE dalam laporan Ayu Ting Ting. Pasal pidana umum 315 tentang pencemaran nama baik dipilih sebagai jalan tengah.

"Ya kalau masalah unsur untuk kami laporkan ITE itu cukup tetapi masalahnya karena ada restorative justice, surat edaran itu makanya penyidik nggak berani menerimanya. Nah itu yang kami perdebatkan sempat di awal itu, mana yang lebih tinggi, undang-undang atau surat edaran," kata Minola.

"Oleh karena itu, kami nggak mau berdebat, saling menghormati terhadap keputusan pihak kepolisian. Kami ambil jalan tengahnya menggunakan pasal pidana umum 315 tentang pencemaran nama baik," ujarnya lagi.

Kendati begitu, bukan berarti pelantun Alamat Palsu itu menutup pintu damai meski laporannya tak akan melalui prosesi mediasi. Sejak awal pihak Ayu Ting Ting mencoba jalur kekeluargaan dengan mendatangi rumah Kartika Damayanti.

"Begitu orang tua Ayu berkunjung ke rumah orangtua yang diduga melakukan itu, kan, niatnya untuk silahturahmi dan mediasi, kan. Jangan kita batasi mediasi harus dengan surat menyurat," ujar Minola.

Ayu Ting Ting resmi melaporkan akun Instagram @gundik_empaeng ke Polda Metro Jaya, pada Jumat (20/8/2021) lalu. Tak sendiri, dia datang ke Polda Metro didampingi kuasa hukumnya, Minola Sebayang.

Ayu sendiri telah memaafkan KD. Tapi dia merasa perempuan asal Bojonegoro itu tetap harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Sebelum membuat laporan, orangtua Ayu Ting Ting lebih dulu mendatangi rumah KD di Bojonegoro. Didampingi polisi, mereka tak bertemu KD, melainkan orangtuanya saja.

Menurut pengakuan keluarga, KD tengah berada di Singapura bekerja sebagai TKI.

Sementara, laporan Ayu terhadap KD dinilai berlebihan oleh sejumlah pihak. Mereka yang kontra menilai Ayu Ting Ting harusnya tak sampai menempuh upaya hukum lantaran KD sudah minta maaf.

Belum ada Komentar untuk "Keras, Edit Video Ayu Ting Ting Bisa Diperkarakan! Langsung Dijebloskan ke Penjara?"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel