Curhatan Pilu 11 Istri dari Awak Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang Gurur Syuhada Bikin Terharu


Curhatan Pilu 11 Istri dari Awak KRI Nanggala 402 Bikin Terharu

Duka menyelimuti Indonesia setelah KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam dan awak kapal yang berjumlah 53 orang dinyatakan gugur.

Sontak kabar tersebut menjadi duka yang mendalam bagi keluarga para awak, khususnya para istri yang ditinggalkan, tidak sedikit pula yang mengalami firasat aneh yang dirasakan sebelum peristiwa tenggelamnya para awak nanggala 402 sebagai berikut :

1. Gresilia - Istri  dari Sertu Rusdiansyah Rahman

Tangis Gresilia langsung pecah saat TNI AL mengumumkan KRI Nanggala 402 tenggelam di perairan Bali. Perempuan yang baru melahirkan ini tak kuasa menahan air mata, meski beberapa hari mencoba tegar atas musibah kapal yang ditumpangi suaminya itu.  

Meski begitu, Gresilia tak bisa menyembunyikan kesedihannya. Bersama bayinya yang baru berusia 17 hari.

Menurut Gresilia, Suaminya yang baru menikahi dirinya Juni 2020 lalu itu merupakan sosok lelaki yang tangguh. Sebelum berangkat tugas layar, suaminya sempat menunggui proses persalinan dirinya selama beberapa hari di rumah.

2. Mita Sofia Kurniaviratama - Istri Sertu Bah Yoto Eki Setiawan

Mita Sofia Kurniaviratama diketahui belum lama menikah dengan Sertu Bah Yoto Eki Setiawan. Keduanya melangsungkan pernikahan pada tanggal 8 November 2020 lalu di Sidoarjo. Belum genap setahun pernikahan mereka, Mita mendapatkan cobaan harus rela berpisah dengan suaminya.

Saat ini Mita sedang hamil. Tentu ia cukup terpukul atas kabar kehilangan kapal yang ditumpangi suaminya tersebut. 

Ia juga bercerita lewat pesan tersebut bahwa bayi yang dikandungnya kerap menendang perutnya, seakan-akan sedang mencari ayahnya.

3. Winny Widayanti - istri Kolonel Harry Setiawan

Duka mendalam dirasakan keluarga kru KRI Nanggala 402. Salah satunya istri mendiang Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, Winny Widayanti. Meski berusaha untuk tegar, namun air mata terus membasahi pipi Winny.

“Saya harus kuat demi anak-anak,” ujar Winny terbata bata

Pada Senin (19/4/2021) sebelum kejadian, istri sempat antar suaminya, Kolonel Harry Setiawan pergi bertugas berlayar ke Selat Bali. 

Sampai saat ini sang istri masih berinteraksi dengan suami lewat WhatsApp. Meski pesan tersebut tidak pernah terbalas hingga saat ini,

Meskipun tahu, chat tersebut hanya dikirim centang satu, namun sang istri tetap berharap adanya keajaiban. Yakni suaminya, Kolonel Harry Setiawan dan prajurit TNI AL yang ada di KRI Nanggala 402 bisa dinyatakan selamat.

4.  Mega Dian Pratiwi  - Istri  Serda Pandu Yudha Kesuma

Mega dan Serda Ede Pandu merupakan pengantin baru. Keduanya baru saja resmi menikah pada 24 Februari lalu. Hingga kini, usia pernikahan mereka baru menginjak dua bulan pernikahan.

Sebelum berangkat bersama Nanggala-402, Serda Pandu sempat berbalas pesan WhatsApp dengan istri terkasihnya.

Lagi-lagi, pesan itu tak kunjung dibalas oleh suaminya hingga menimbulkan kekhawatiran bagi sang istri. Namun, ia pun terus menerus mencoba menghubungi sang suami melalui pesan singkat.

Ia pun berjanji akan memijit dan membelikan makanan dan seafood untuk sang suami saat kepulangannya.

Ditemani ibunya, Mega tampak beberapa kali menitikkan air mata tertunduk di samping bingkai foto besar bergambar dirinya dengan suami yang mengenakan seragam lengkap kesatuan kru kapal selam TNI AL .

5. Laras Putri Istri Lettu Imam Adi,

Lettu Adi sempat viral di media sosial setelah keluarganya membagikan video anaknya yang masih balita merengek dan berusaha mencegah Adi saat mau berangkat bertugas berlayar dengan KRI Nanggala 402 pada Senin lalu, 19 April 2021. Sang anak mengunci Lettu Adi di dalam kamar agar tidak berangkat video tersebut direkam oleh sang istri Laras Putri

Dalam captionnya sang istri laras putri menjelaskan  anaknya itu seakan punya firasat bahwa akan ada musibah yang akan menimpa ayahnya yang akan bertugas beberapa hari lalu.

Anaknya memaksa dan menahan sang Ayah untuk tidak bekerja. Bahkan anak tersebut sempat mengunci sang ayah di dalam kamar.

6.  Ekhan Retno - Istri Mayor Laut Eko Firmanto

Ekhan Retno, istri Mayor Laut Eko Firmanto masih terus meneteskan air mata. Rumah bercat kuning itu memancarkan mendung ketika kabar kematian itu datang.

Suasana duka menyelimuti rumah Mayor Laut Eko Firmanto awak KRI Nanggala 402 di Perumahan Pepelegi Blok A nomor 2, Waru Sidoarjo. Para kerabat dan teman serta tetangga mengirimkan ucapan duka, Minggu (25/4/2021) malam.

7. Eli Lailatul - istri Serda Harmanto

Mata Eli Lailatul (35) istri Serda Harmanto ABK KRI Nanggala 402 yang tenggelam memerah. Eli sapaan akrab ibu dua putri asal Desa Tumapel, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik, terus menguatkan buah hatinya yang sudah remaja.

Perempuan berkerudung ungu ini mengingat ucapan sang suami sebelum meninggalkan rumah. Yakni, mengajak anak yang paling kecil untuk jalan-jalan bermain.

“Setiap mau tugas selalu mengajak anak yang paling kecil mau main kemana setiap hari Sabtu maupun Minggu. Kalau dua hari itu tidak bisa ya biasanya minggu depannya,” ujar Eli.

Ibu tiga putri ini menceritakan pada Senin (19/4) kontak terakhir dengan suaminya. Saat itu, sang suami pamit berangkat kerja bertugas karena di dalam kapal selam susah sinyal.

8. Berda Asmara  istri Serda Guntur Ari Prasetyo

Raut kesedihan tampak di raut wajah Berda Asmara, istri dari Serda Guntur Ari Prasetyo, salah satu ABK (anak buah kapal) Kapal Selam KRI Naggala 402 yang diketahui hilang kontak di perairan Bali Utara, Rabu (21/4/2021).

Di kediaman bersama keluarganya di kawasan Pulo Tegalsari, Wonokromo Surabaya, Berda setiap saat selalu melihat grup whatsApp para isteri anggota TNI yang berlayar di kapal selam KRI Nanggala 402.

Sambil menahan tangisnya, Berda menceritakan jika terakhir kontak dengan sang suami pada Senin lalu (19/4/2021). Saat itu sang suami berpamitan untuk melakukan gladi bersih latihan gabungan berlayar bersama awak kapal selam sebelum berangkat. 

Sebelum berangkat, Serda Mes Guntur berada di rumah selama lima hari karena baru selesai berlayar. 

9. Helen, istri Serda Diyut Sebandriyo

Serda Diyut Sebandriyo menjadi salah satu kru kapal selam KRI Nanggala-402 yang gugur di perairan utara Bali . Serda Diyut merupakan warga Jl. Salak, Kelurahan Taman, Kecamatan Taman, Kota Madiun Jawa Timur.

Helen, istri Serda Diyut, menyampaikan suaminya sempat beraktivitas tidak seperti biasa sebelum pergi bertugas. Biasanya saat pulang dari bertugas, suaminya itu kerap main ke rumah temannya.

Namun, pada saat periode pulang kemarin suaminya justru berada di rumah saja. “Seperti kayak tidak enak hati,” kata dia kepada wartawan 

Selain itu, saat mengantar berangkat suaminya ke Surabaya, suaminya itu juga berkali-kali minta didoakan sebelum berangkat.

“Kemarin sebelum berangkat cuma bilang, ‘nda, pandongane layare lancar’. Cuma ucapan itu disampaikan berkali-kali. Tidak biasanya seperti itu,” ujar Helen sambil terisak air mata.

10. Mawar Vinolita  istri Letda Laut (T) Rintoni

Mawar Vinolita (35) istri Letda Laut (T) Rintoni, ABK KRI Nanggala 402 sempat syok saat mendengar kapal selam yang membawa suaminya bertugas hilang kontak pekan lalu. 

Mawar mengatakan, selama ini Rintoni bertugas di Lantamal Surabaya, ABK KRI Nanggala 402 sebagai mekanik. Dia mengaku setiap hendak berangkat kerja, suaminya selalu berpamitan kepada seluruh keluarganya. 

Di mata keluarga, perwira TNI AL itu merupakan sosok pendiam dan baik hati. Ketika di rumah, dia sering memasak, mencuci dan bahkan memandikan anak. Dari hasil pernikahannya, kini dikaruniai dua orang putri. Masing-masing berusia enam tahun dan lima bulan.

11. Anasthasia Christina, istri Letda Rhesa Tri Utomo Sigar 

Anasthasia Christina, istri salah satu korban awak kapal KRI Nanggala-402, Letda Laut (T) Rhesa Tri Utomo Sigar menuliskan kata penuh haru setelah 53 awak kapal dinyatakan gugur. 

Sebelumnya, ia sempat menyemangati suaminya lewat postingan sebuah foto kenangan keduanya di depan halaman Instagram miliknya. .

Thasia berusaha untuk tetap tegar demi suaminya. Ia juga mengunggah foto kaus terakhir yang dikenakan suaminya sebelum bertugas.


Jokowi Naikkan Pangkat 53 Awak KRI Nanggala dan Beri Bintang Jalasena

Presiden Jokowi menyampaikan rasa duka cita mendalam atas gugurnya 53 awak Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali.

Jokowi mengatakan seluruh awak kapal yang gugur merupakan putra terbaik bangsa. Seorang patriot yang setia menjaga kedaulatan NKRI.

"Mereka adalah putra-putra terbaik bangsa, patriot terbaik penjaga kedaulatan negara," ujarnya.

Jokowi mengatakan negara akan memberikan penghargaan yakni kenaikan satu pangkat lebih tinggi kepada seluruh awak kapal dan Bintang Jalasena.





Belum ada Komentar untuk "Curhatan Pilu 11 Istri dari Awak Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang Gurur Syuhada Bikin Terharu"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel