Iwan Fals Minta Ungkap Aktor Demo Rusuh, Sebab Orang Bisa Duga Presiden Sendiri Dalangnya


Musisi legendaris Iwan Fals kembali menuai sorotan publik akibat sederet cuitannya di media sosial menanggapi polemik Undang-undang Cipta Kerja.

Ada yang menganggap Iwan terkesan pro terhadap pengesahan tersebut. Namun ada pula yang tetap mendukung pelantun lagu Wakil Rakyat tersebut.

Baru-baru ini, Iwan turut mengomentari tudingan-tudingan sejumlah elit pemerintah yang menyebut adanya dalang di balik kerusuhan demo beberapa hari lalu.

Jika tidak, menurut Iwan, publik bisa menduga pihak istana sendirilah yang merupakan dalang kerusuhan.

"& itu Aktor atau Dalang kerusuhan demo yg kemaren atau apalah namanya, harus segera disebut namanya oleh Pemerintah atau Hakim, klo nggak jangan2 orang bisa menduga Presiden sendirilah dalangnya," tulisnya, Minggu (11/10/2020).

Sama seperti Iwan, mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono juga menyarankan pemerintah agar mengungkap aktor yang disebut-sebut dalang di balik kerusuhan.

Hal ini disampaikan SBY di sela-sela menanggapi berbagai tudingan yang seolah diarahkan terhadapnya akhir-akhir ini.

"Saya kok nggak yakin ya kalau Pak Airlangga, Pak Luhut, atau BIN yang dimaksud itu saya. Hubungan saya dengan Pak Airlangga selama ini baik. Dengan Pak Luhut juga baik, dengan BIN juga tidak ada masalah. Saya nggak yakin kalau BIN selama ini menganggap saya sebagai musuh negara, saya kira nggaklah ya," kata SBY.

Menurut SBY, pihak yang sudah terlanjur menyebut adanya dalang kerusuhan sebaiknya secara gamblang menyebutkan oknum yang dimaksud.

Sehingga tidak terjadi saling curiga di tengah masyarakat.

"Kalau ditanyakan begitu paling baik ya tanyakan kepada beliau-beliau itu. Siapa yang dimaksud aktor yang menungganggi, yang menggerakkan dan membiayai itu. Mungkin kalau tidak ada kejelasan, ini tidak baik. Rakyat saling curiga, kemudian tidak baik, kesana kemari beritanya," kata SBY.

Sekali lagi, SBY menyarankan negara untuk mengungkap aktor di balik kerusuhan. Jika tidak, bisa-bisa negara dianggap telah menyebar berita bohong alias hoaks.

"Lebih bagus kalau memang menggerakkan, menunggangi, membiayai itu oleh negara dianggap kejahatan, melanggar hukum dan hukum harus ditegakkan, lebih baik disebutkan. Kalau tidak nanti dikira negaranya melakukan hoaks. Tidak bagus, karena kita harus percaya pada pemerintah kita," kata SBY.

Sumber indozone.id

Belum ada Komentar untuk " Iwan Fals Minta Ungkap Aktor Demo Rusuh, Sebab Orang Bisa Duga Presiden Sendiri Dalangnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel