Belum Terima Uang Pembebasan Tanah untuk Lahan Sirkuit MotoGP, Warga: “Saya Ingin Hentikan Alat Berat Itu, tetapi Tidak Bisa karena Dijaga Banyak Polisi” - Kabar Aljazeera

Belum Terima Uang Pembebasan Tanah untuk Lahan Sirkuit MotoGP, Warga: “Saya Ingin Hentikan Alat Berat Itu, tetapi Tidak Bisa karena Dijaga Banyak Polisi”


Aktivitas pembebasan lahan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk lahan Sirkuit MotoGp pada Minggu (13/9/2020) lalu diwarnai kerciuhan dari sejumlah warga Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Kehadiran mereka saat itu ingin menyampaikan protes, karena lahan yang akan digunakan untuk Sirkuit MotoGP itu belum dibayar oleh pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Salah satu demonstran, Masrup (60) mengatakan, kepemilikan tanahnya yang diambil alih oleh pihak ITDC seluas 1,6 hektar.

“Saya pengin menghentikan alat berat itu, tapi kita tidak bisa karena banyak mereka (polisi),” tuturnya dalam bahasa Sasak.

“Kami dijaga oleh banyak polisi,” timpalnya.

Padahal, tanah seluas hektaran itu adalah peninggalan orangtuanya dan juga menjadi tempatnya bertumpu selama ini.

“Saya sudah puluhan tahun di sini, dulu masih hutan. Saya cari makan bersama anak istri, saya di sini tanam padi, ubi, sayur. Kalau saya digusur, saya cari makan lewat mana?” keluh dia, dilansir Kompas.com.

Sementara pihak ITDC memberi pernyataan berbanding balik, bahwa lahan yang dibangun untuk Sirkuit MotoGP sudah berstatus clean and clear, berdasarkan putusan pengadilan.

“Kami pastikan status lahan yang masuk dalam HPL ITDC seluruhnya telah berstatus clean and clear, dan kami hanya membangun di lahan yang telah masuk dalam HPL ITDC,” kata Corporate Communication ITDC Miranti N Rendranti.

Hal senada juga disampaikan oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

“Secara subtansial sudah selesai. Kita tentu tidak mau ada hal yang tidak manusiawi. Oleh karena itu, dialog yang intensif, dialog yang lebih kekeluargaan terus dilakukan sehingga mudah-mudahan ada cahaya di ujung terowongan,” tuturnya.

0 Response to "Belum Terima Uang Pembebasan Tanah untuk Lahan Sirkuit MotoGP, Warga: “Saya Ingin Hentikan Alat Berat Itu, tetapi Tidak Bisa karena Dijaga Banyak Polisi”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel