Duh Gusti....Warga Malah Abaikan Himbauan Pemerintah Saat Antre Sembako Murah - Kabar Aljazeera

Duh Gusti....Warga Malah Abaikan Himbauan Pemerintah Saat Antre Sembako Murah



Pelaksaan pasar murah hari kedua di Gedung Serbaguna Pancing, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, Senin (18/5), kembali diserbu warga. Sayangnya, kegiatan ini justru menimbulkan kerumunan dan warga banyak yang mengabaikan physical distancing untuk pencegahan corona.

Mereka berdesakan mengantre demi bisa membeli sembako murah, padahal penyelenggara hanya menyediakan 300 paket.

Karena minimnya sembako yang dibagi, banyak warga yang kecewa, salah satunya Lina, warga Jalan Pancing. Dia mengaku sudah datang sejak pukul 08.00 WIB, tetapi penyelenggara menyuruhnya kembali karena Pasar Murah baru pukul 10.00 WIB. 

"Terus jam 10.00 WIB disuruh datang. Rupanya udah tutup. Ini katanya besok lagi jam satu suruh datang. Ini maksudnya apa,”ujar Lina

Lina mengatakan padahal pihaknya begitu mengharapkan paket murah sembako itu, sebab selama ini dia tidak pernah mendapat bantuan dari pemerintah. 

 "Aku ini (orang) miskin baru, aku tukang fotokopi. Mahasiswa gak ada. Apa mau ku makan?” ujarnya.

Di kesempatan terpisah, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut, Ridho Haykal Amal, menyayangkan kembali membeludaknya warga di Pasar Murah Gedung Serbaguna. Pihaknya bahkan berencana menutup pasar murah lebih cepat dari rencana awal pada Kamis (21/5) demi kesehatan masyarakat.

 “Akan saya tutup, kesehatan lebih penting,” ujar Ridho singkat kepada wartawan.
Sebelumnya, kejadian serupa juga terjadi di hari pertama pembukaan Pasar Murah Minggu (17/5). Atas insiden itu, Pemprov Sumatera Utara memohon maaf kepada masyarakat.

"Kami menyampaikan rasa maaf kami pada ketidaknyamanan yang telah terjadi pada pagi tadi,” ujar Ridho.
Sebenarnya pihaknya sudah menjalankan standar operasional prosedur (SOP) protokol kesehatan di Gedung Serbaguna. Namun ternyata jumlah masyarakat yang hadir membeludak, sementara sembako yang dijual di hari pertama hanya 600 paket.

Ridho menerangkan pasar murah sendiri merupakan bagian dari kebijakan Pemprov Sumut untuk mengurangi beban masyarakat selama masa pandemi corona. 

Kegiatan ini diadakan sejak Minggu (17/5) hingga Kamis (21/5) di empat tempat. Di antaranya Lapangan Terbang eks Bandara Polonia, Batalyon Zeni Tempur 1, Rumah Dinas Wali kota Binjai dan Gedung Serbaguna Pancing.


0 Response to "Duh Gusti....Warga Malah Abaikan Himbauan Pemerintah Saat Antre Sembako Murah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel