Alhamdulilah!! Menkes Terawan Muncul Bawa Kabar Baik: Tamiflu Ampuh Obati Corona - Kabar Aljazeera

Alhamdulilah!! Menkes Terawan Muncul Bawa Kabar Baik: Tamiflu Ampuh Obati Corona



Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akhirnya muncul, setelah sempat "hilang" dari hadapan publik. Kali ini, Terawan muncul dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR melalui live streaming, Kamis (2/4/2020). Rapat itu membahas perkembangan penanganan virus corona di Indonesia.

Rapat kerja online tersebut dihadiri sejumlah anggoa Komisi IX dan dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi Nihayatul Wafiroh. Selain Terawan, ada pula Ketua Gugus Tugas COVID-19 Doni Monardo. Rapat yang dimulai sekitar pukul 16.20 WIB ini diawali dengan paparan oleh Doni Monardo. Setelah itu, Komisi IX DPR mempersilakan Terawan untuk memberi paparan.

Dalam paparannya, Terawan menyatakan pihaknya menggunakan antivirus jenis Tamiflu untuk menangani pasien positif Virus Corona di Indonesia. "Kita menggunakan Tamiflu yang persediaannya ada," kata Terawan.

Terawan mengklaim Tamiflu bisa digunakan saat obat dan vaksin khusus virus corona belum ditemukan. Bahkan, penggunaan obat tersebut pun, sambung Terawan, sudah mendapatkan rekomendasi dari himpunan dokter paru-paru Indonesia.

"[Tamiflu] berdasarkan rekomendasi maupun protokol yang dikeluarkan himpunan dokter paru Indonesia," kata dia.

Terawan juga mengklaim Tamiflu sudah terdistribusi di dinas-dinas kesehatan tiap daerah saat ini. Sebanyak 450 ribu obat itu akan terdistribusi ke tiap rumah sakit yang menangani kasus Corona.

"Kemarin Rabu datang bahan baku untuk Tamiflu, sehingga kita bisa dapat 1 juta tablet dalam 1-2 minggu mendatang," kata dia.

Diketahui, Tamiflu sendiri merupakan antivirus yang digunakan secara luas saat mewabahnya virus Flu Burung dan Flu Babi beberapa tahun silam.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memasukkan Tamiflu dalam daftar obat esensial tahun lalu karena ada bukti efektivitas penggunaan obat ini dalam penanganan varian virus influenza yang tidak biasa, seperti flu burung.

0 Response to "Alhamdulilah!! Menkes Terawan Muncul Bawa Kabar Baik: Tamiflu Ampuh Obati Corona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel