Rusia Lepas 800 Singa dan Macan Cegah Warga Berkeliaran? Ternyata Hoaks - Kabar Aljazeera

Rusia Lepas 800 Singa dan Macan Cegah Warga Berkeliaran? Ternyata Hoaks



Beberapa hari terakhir beredar foto singa di tengah jalanan kota yang lengang. Foto itu disertai dengan keterangan bahwa saat ini pemerintah Rusia melepas 800 singa dan macan untuk menjaga agar tak ada masyarakat yang keluar rumah efek wabah virus corona.
   
Presiden Rusia Vladimir Putin pada pekan mengatakan, negaranya berhasil menghentikan penyebaran massal virus corona dan situasinya di bawah kendali. Ini berkat langkah-langkah awal dan agresif untuk menjaga lebih banyak orang terinfeksi virus corona.

Pejabat Rusia yang dikutip CNN, strategi Putin tampaknya berhasil. Jumlah kasus virus corona Rusia yang dikonfirmasi secara mengejutkan rendah, meskipun Rusia berbagi perbatasan yang panjang dengan China dan mencatat kasus pertama pada bulan Januari 2020.

Jumlah kasus infeksi corona memang meningkat, tetapi Rusia, negara dengan 146 juta penduduk, memiliki kasus yang dikonfirmasi lebih sedikit daripada Luksemburg, yakni cuma 253 orang yang terinfeksi corona.

Rusia diklaim telah melepaskan 800 singa dan macan agar masyarakat terpaksa tetap berada di dalam rumah. Unggahan itu juga menyertakan apresiasi terhadap keberhasilan Putin untuk memaksa warganya untuk menjaga jarak.

Kabar yang beredar ternyata hoax. Foto itu ternyata diambil di Johannesburg, Afrika Selatan, pada April 2016.

Dilansir Dailymail.co.uk, sejumlah foto diambil oleh seorang bernama Irvaan Dolley dari Ibiza Spanyol. Singa bernama Columbus itu merupakan bagian dari produksi film agensi lokal di Jogannesburg.

0 Response to "Rusia Lepas 800 Singa dan Macan Cegah Warga Berkeliaran? Ternyata Hoaks"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel